-->

10 Tempat Wisata Favorit di Jakarta Pusat Selain Mall


Ternyata selain pusat macet dan pusat perekonomian, jakarta pusat tidak kalah masalah keindahan tempat wisatanya dan justru menjadi pilihan utama tempat wisata bagi wisatawan lokal dan luar, hampir setiap hari ramai akan pengunjung di tempat-tempat wisata di daerah ini, selain menunjang mudahnya ke tempat pembelanjaan juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik dan ramai. Beberapa tempat pilihan saya saat di jakarta pusat diantaranya:


1. Monumen Nasional (Menara Monas) Medan Merdeka


Monumen Nasional Kunjungan Rekreasi
foto by instagram 
Pusat wisata monas saat ini menjadi tempat wisata yang padat pengunjung baik dari indonesia maupun manca negara. Anda dapat menikmati indahnya bangunan wilayah jakarta pusat dari atas menara yang tingginya 132m yang di hiasi lidah api berlapis emas. Lapangan sekeliling monas pun sangat luas dan menjadi penggemar olah raga disetiap pagi harinya, apalagi saat hari libur penuh dengan pengunjung baik muda-mudi maupun keluarga. Biasanya di tempat ini menjadi acara-acara besar seperti konser dan tahun baru. Saat ini para penjual kaki lima sudah berkurang sehingga saat berlibur dapat menikmati indahnya dan ramainya pengunjung. Disini juga anda dapat melihat relief bersejarah dan mendengarkan rekaman proklamasi yang mempunyai nilai edukasi mengenang masa lalu. Untuk berkunjung di tempat ini gratis.

2. Gereja Katedral yang Unik Bergaya Eropa


Gereja Katedral Kunjungan Rekreasi
foto by @mauralia 
Gereja ini selain untuk beribadah bagi kaumnya juga diperbolehkan untuk umum selain umatnya. Banyak pengunjung yang berdatangan kemari karena model bangunan yang unik dan menarik bergaya bangunan eropa kuno. Disini sangat cocok bagi anda untuk berlibur yang menginginkan suasana aman, damai dan tenang. Bangunannya yang terawat dengan baik dan bersih serta desainnya yang unik ini pernah dinobatkan menjadi museum terbaik dengan katagori cagar budaya dengan nama "Museum Katedral". Untuk berkunjung kesini gratis dan dibuka bagi khalayak umum setiap harinya.

3. Pasar Baru - Nuansa Model Eropa & Cina


Pasar Baru Kunjungan Rekreasi
foto by @art535 
Tempat ini didirikan abad ke-20an dan hingga sekarang menjadi tempat pembelanjaan yang padat oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri dengan beraneka ragam pilihan saat berbelanja seperti batik, peralatan olah raga, assesoris, kaca mata, jam tangan dan jenis barang khas indonesia, cina dan eropa. Untuk penggemar pakaian khas disini juga tersedia jasa penjahit murah dan custom sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, ada juga tempat kuliner di sepanjang Pasar Baru ini dan terdapat berbagai macam makanan dan minuman dan juga oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

4. Museum Nasional (Museum Gajah) Medan Merdeka Barat


Museum Gajah Kunjungan Rekreasi
foto by @ifanolens 
Museum ini merupakan museum peninggalan Raja Thailand. Didepan pintu terdapat patung gajah dilapisi perunggu. Museum ini selain cocok untuk berlibur juga cocok bagi anak-anak anda untuk mengenal peninggalan sejarah kuno, didalamnya terdapat berbagai prasasti, model keramik, patung, alat musik tradisional, wayang kulit, tengkorak manusia purba, perhiasan kono, tekstil dan banyak lagi. Museum ini merupakan pusat peninggalan kuno yang mempunyai total koleksi sekitar 140.000 jenis koleksi kuno. Untuk berkunjung disini gratis tidak ada tiket masuk.

5. Masjid Istiqlal - Medan Merdeka

Selain sebagai sarana ibadah ternyata masjid ini mempunyai nilai edukasi yang tinggi, banyak wisatawan yang berdatangan bertujuan mempelajari tentang Islam. Masjid ini merupakan masjid yang unik dan termasuk masjid terbesar se asia tenggara dengan kapasitas 200.000 jamaah, adapun tinggi menaranya sekitar 90 meter (40 meter dibawah menara monas) dengan kubah masjid sangat besar dengan diameter 45 meter. Lokasi Masjid ini tidak jauh dari monumen nasional sehingga merupakan pusat beribadatan di jakarta pusat. Untuk berkunjung di masjid ini terbuka untuk umum dan dibuka setiap saat tanpa mengenal waktu sholat.

6. Museum Sumpah Pemuda Kramat Raya


Museum Sumpah Pemuda Kunjungan Rekreasi
foto by @vha_rosdiana 
Tempat ini sangat menarik dan edikatif bagi anak-anak anda untuk memperdalam kepramukaan dan didalamnya mengenang peristiwa sejarah "Sumpah pemuda 1982" yang dilengkapi foto kejadian dan ceritanya. Sekitar 3.000 jenis foto dan barang yang disimpan dalam mesum ini dan sanat cocok bagi anak-anak untuk mempelajari lebih detail tentang kejadian Sumpah Pemuda. Untuk berkunjung di museum ini gratis dan terbuka untuk umum.

7. Taman Ismail Marzuki Cikini


Museum Sumpah Pemuda Kunjungan Rekreasi
foto by @mega_oktavia_ 
Taman ini sangat cocok untuk berlibur, karena di lengkapi dengan berbagai petunjungan pentas seperti pentas seni, wayang kulit, drama, musik, tari, film dan lukisan. Di sini juga terdapat sekolah kesenian dan meruapakn Institut Kesenian Jakarta dan mempunyai berbagi bangunan penunjang pendidikan seperti balai pameran, gedung arsip dan gallery. Bagi wisatawan disediakan tempat bioskop dan 6 teater modern dengan biaya tiket masuk murah. Untuk berkunjung disini juga sangat cocok membawa anak anda untuk mengenalkan berbagai benda-benda langit, karena Taman Ismail merupakan tempat wisata pendidikan benda-benda langit. ( travelingbjn.blogspot.com)

8. Tugu Proklamasi - Jl Proklamasi


Tugu Proklamasi Kunjungan Rekreasi
foto by @kenvry 
Disebut juga Tugu Petir. Tugu Proklamasi ini sangat menarik dan lokasinya yang rapi dan bersih. Tugu ini menjadi simbol peringatan proklamasi, lokasi ini dulunya menjadi tempat dibacakannya naskah proklamasi oleh Bapak Presiden Soekarno hatta. Hingga sekarang tempat ini dijadikan tempat memperingati hari kemerdekaan setiap tahunnya yang bertepatan di tanggal 17 agustus. Disini juga di jadikan tempat para demonstrasi masyarakat kepada pemerintah. Anda dapat berkunjung disini setiap saat karena dibuka untuk umum.

9. Museum Taman Prasasti - Jl Tanah Abang


Bagi Anda yang mempunyai mental horor maka disini tempatnya. Sebuah museum peninggalan jaman Belanda berupa kuburan tua. Tempat ini khusus kuburan orang-orang dulu jaman penjajahan Belanda dan sekarang terkesan angker. Namun bagi pecinta horor justru tempat ini menjadi tempat berfoto-foto. Didalam area kuburan ini terdapat denda-benda kuno seperti prasasti, nisan, kereta jenazah dan perlengkapan lainnya yang bernilai horor dan memiliki nilai seni tinggi.

10. Pecenongan Wisata Kuliner Malam - Jl Pecenongan


Kuliner sepanjang kanan kiri jalan Pecenongan ini mulai buka sore hari jam 18:00- 02:00 dini hari. Tempat kuliner ini berdiri sejak puluhan tahun lalu sehingga semua jenis makanan dan minuman di sepanjang jalan ini tersedia banayak pilihan. Anda dapat mencari makanan dan minuman kesukaan Anda disini. Ada tiga makanan favorit saya disini yaitu hidangan laut, hidangan daging dan martabak. Harga makanan dan minuman di sepanjang jalan ini sangat hemat dan semakin ramai pengunjung tiap malamnya. 
LihatTutupKomentar

POS NEXT

POS POPULER

KUNJUNGI