-->

 Jenis Asuransi Mobil



Agar tak salah pilih, kita perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi mobil yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dipilih.


Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu. Preminya jauh lebih ringan dari asuransi all rik / comprehensive. Untuk premi minimal wilayah Jakarta minimal 0,44 persen dari harga mobil.


All Risk

All risk mengcover kerusakan mobil dari yang ringan macam lecet 1cm sampai yang rusak parah. Asuransi all risk cocok buat kita yang baru beli mobil baru biar ketika lecet datang kita bisa langsung ajukan klaim. Besaran premi all risk wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Namun dengan manfaat pertanggungannya, asuransi all risk sangat penting untuk dimiliki pengemudi.


Pihak Ketiga (TJH)

Manfaat perluasan pihak ketiga bermanfaat untuk ganti rugi apabila kendaraan kita menabrak/ditabrak oleh milik orang lain. Jaminan ini juga menanggung risiko kebakaran akibat kendaraan orang lain. Jaminan perluasan ini dikenal sebagai Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga (TJH III).

All Risk TLO

Usia kendaraan maks. 10 tahun. Usia kendaraan maks. 15 tahun - 20 tahun

Cocok untuk mobil baru dan sering berkendara di tengah kota yang padat. Cocok untuk mobil yang sudah berusia tua atau sebagai asuransi mobil bekas.

Biaya premi lebih mahal Biaya premi lebih murah

Semua kerusakan, bahkan lecet Kerusakan min. 75 persen atau hilang

 >KUNJUNGI JUGA : ASURANSI LAINYA

Manfaat Perluasan Asuransi Mobil

Kebanjiran

Kerusuhan / Huru - Hara

Bencana Alam

 

Cara Klaim Asuransi Mobil

Supaya tidak bingung, berikut tata cara klaim, baik karena lecet/baret atau kehilangan. Prosesnya simpel, kok!


Melaporkan klaim: bisa dengan datang langsung ke kantor cabang , telepon, SMS, atau aplikasi klaim yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Biasanya laporan klaim harus dilakukan maksimal 5×24 jam setelah kejadian, tergantung kebijakan perusahaan.

Menyiapkan dokumen klaim: dokumen kendaraan (SIM dan STNK), dokumen polis asuransi, formulir klaim yang telah diisi, foto-foto mobil saat terjadi kecelakaan/kerugian lainnya yang akan diklaim. Dokumen yang perlu disiapkan tergantung pada jenis kerugian yang dialami. Sila perhatikan kelengkapan dokumen di poin selanjutnya.

Tim asuransi melakukan survei dan analisis: proses ini bertujuan untuk menghitung estimasi kerugian yang terjadi.

Tunggu hasil survei dan analisis: tim dari perusahaan asuransi akan menilai klaim yang dapat disetujui. 

Penggantian klaim: nasabah mendapatkan penggantian klaim atas kerugian yang terjadi.

Siapkan dokumen ini saat klaim!

 

Tips Mendapatkan Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Berikut ini adalah beberapa kriteria dan tips cara memilih asuransi mobil terbaik: 


Pilih jenis asuransi yang sesuai (all risk / TLO)

Kenali kebutuhan dan medan yang sering dilewati oleh kendaraan mobil, apakah di kawasan kota yang padat atau jalan yang rusak. Biasanya asuransi all risk cocok untuk pengendara mobil dalam kota karena berisiko tinggi terkena lecet. Sementara asuransi TLO cocok untuk mobil yang berada di daerah rawan kriminalitas.


Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas tepercaya

Kredibilitas bukan cuma brand-nya terkenal saja, tetapi juga tepercaya soal pelayanannya dan sebisa mungkin minim komplain.


Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Asuransi biasanya kerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari si brand mobil kamu. Akan tetapi, ada juga yang bekerja sama dengan bengkel non-authorized. Nah, cuma sedikit brand asuransi yang mengizinkan kita untuk bisa melakukan perbaikan ke bengkel mana saja. Sejauh ini, produk yang punya benefit ini adalah ACA Otomate Solitaire dari ACA.


Biasanya benefit seperti ini sangat berguna kalau misalnya mobil kita rusak di daerah yang kurang kita kenal.


Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Premi asuransi memang sudah diatur sama OJK. Tapi, fitur dan layanannya antara satu produk dengan lainnya bisa beda-beda meski preminya sama. Ada asuransi yang cuma cover kerusakan mobilnya saja, tetapi ada juga menanggung pengemudi dan penumpangnya juga. Bahkan tanpa additional fee.


Jadi, saat terima polis asuransi, sebaiknya telaah terlebih dahulu apa saja perlindungan, fitur, dan benefit ekstra yang diberikan, baru tanda tangan.


Mengacu pada kriteria di atas, mari lihat kembali rekomendasi Lifepal pada menu-tab Produk Terbaik!



LihatTutupKomentar

POS NEXT

POS POPULER

KUNJUNGI