-->

Puncak Sekitar Bogor, 13 Tempat Wisata Pegunungan yang Patut Dikunjungi

13 Tempat Wisata Bogor dan Sekitarnya - Puncak merupakan sebutan tempat rekreasi pegunungan yang kali ini akan dibahas tempat wisata puncak di daerah Bogor dan sekitarnya yang terkesan paling seru dan padat pengunjungnya. Banyak tempat hiburan di setiap puncak dan tidak hanya menikmati kuliner, hotel dan villa namun ternyata banyak sekali tempat yang patut di kunjungi saat ada di wisata puncak.

Didaerah Jakarta dan sekitarnya ada banyak tempat wisata puncak yang paling seru, tempat-tempat ini akan saya bahas tempat wisata puncak yang banyak dikunjungi dan menarik sekali untuk dicobaa saat pekan libur tiba, cocok untuk berlibur bersama keluarga, diantaranya :

1. Telaga Warna


Dekat Perkebunan Teh PTP VII Gunung MasKawasan Puncak, Bogor
Telaga Warna Kunjungan Rekreasi
foto by siranselhitam.wordpress.com

Konon telaga ini bisa berubah warna, warna-warni saat-saat tertentu menjadi tagline wisata puncak favorit di Bogor, meskipun berada didataran tinggi tenyata bogor menyimpan wisata telaga yang sungguh anggun dilihat dan suasana dingin yang menusuk tulang namun tetap indah untuk dinikmati bersama keluarga disana dan cocok untuk bersemedi menghilangkan macet dan polusi di Jakarta.

Disini terdapat banyak fasilitasnya seperti perahu ontel dan perahu rakit yang bisa dinikmati ditengah telaga bersama pasangan dan keluarga Anda. Untuk berkunjung di telaga warna Bogor ini tidaklah gratis namun tetap hemat. Keindahannya tidak sebanding dengan harga hematnya untuk itu Anda akan menyesal jika tidak mampir dan berkunjung di Telaga Warna Bogor ini.

2. Curug Cilember


Jl. Cisarua Puncak Km 10. Desa Cilember Kec. Cisarua Puncak, Bogor

Curug Cilember Kunjungan Rekreasi
foto by @fitri.na

Tempat wisata puncak Curuk Cilember tempat satu-satunya penangkaran kupu-kupu yang cantik-cantik. Disini banyak jenis kupu-kupu yang jarang dijumpai di tempat wisata lainnya, berbagai ragam jenis kupu-kupu disini merupakan kupu-kupu jenis klim dingin.

Tempat ini juga terdapat 7 tempat air terjun dan berada cukup jauh satu dan lainnya, untuk menempuhnya butuh seharian dengan jalanan kaki yang melelahkan untuk itu butuh kesiapan kesehatan badan dan bekal yang cukup dan pastinya akan seru dan tidak menyesal memberikan kesan yang indah dan sangat menyenangkan, siapkan foto untuk dokumentasi sebanyak-banyaknya. Tempat ini juga menjadi buronan para fotografer.

3. Taman Tugu Selatan, Sepanjang Jaan ke Puncak, Bogor

Taman Riung Gunung Kunjungan Rekreasi
foto by @anakmaen

Tempat ini konon tempat untuk berdoa oleh Presiden Soekarno, diyakini tempat ini memang tempat yang nyaman untuk dihuni saat-saat hari yang sumpek. Dan sekarang tempat ini di fasiliasi banyak hiburan seperti tea walk, kolem renang, restoran, tempat kanak-kanak, sarana out bound dan masih banyak lagi. Baru-baru kali ini tempat ini banyak pengunjungnya namun saat ini justru menjadi tempat wisata puncak yang diburu banyak wisata.

Untuk berkunjung ditempat ini tidak perlu khawatir jika ingin bermalam karena sudah banyak tempat penginapan yang murah-murah. Tempat kuliner pun sudah banyak sekali sepanjang Taman riung Gunung. Untuk berkunjung ke sini tidaklah gratis dan merupakan tempat wisata yang tiketnya murah namun tetap memberikan kesan yang indah dan memuaskan.

4. Taman Wisata Matahari - Cisarua Puncak Bogor


Taman Wisata Matahari Kunjungan Rekreasi
foto by @nadiaapriyanti15

Dari namanya tempat wisata puncak matahari ini merupakan tempat berkunjung yang luas sekitar 30 hektar yang dapat melihat saat matahari terbit dan terbenam, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung disetiap harinya. Disini banyak tempat penginapannya dengan harga yang relatif murah daripada penginapan lainnya.

Berbagai fasilitas yang tersedia disini seperti arum jeram, sarana out bound, klam renang, ATV, tempat kanak-kanak dan masih banyak lagi fasilitas hiburan. Disini juga lengkap dengan kulinernya yang tersedia di sepanjang jalan maupun tempat-tempat restoran. Banyaknya fasilitas yang ada membuat Taman wisata matahari ini padat pengunjung. Untuk berkunjung dimari tidaklah gratis, Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup, Anda akan menyesal jka tidak cukup biaya karena fasilitas dan kuliner yang begitu banyak dan patut untuk dicoba.

5. Curug Panjang - Desa Megamendung, Bogor


Curug Panjang Kunjungan Rekreasi
foto by @gungafif

Curug atau air terjun Panjang di desa ini sudah menjadi tempat pilihan dan favorit khususnya di daerah Curuk Bogor. Curuk ini dilengkapi sungai alami nan indah dengan pemandangan alamnya yang anggun dan damai untuk dinikmati.

Fasilitas yang tersedia disini yang paling populer adalah tempat kegiatan river trekking atau menjelajah sepanjang sungai Curuk Panjang. Untuk menelusuri sungai ini perlu persiapan yang matang karena merupakan sungai bebatuan tajam sehingga yang perlu dibawa adalah sepatu bot yang kuat, sepanjang sungai terdapat 4 air terjun lainnya, jangan lupa juga sediakan perlengkapan makanan dan minuman karena sepanjang sungai ini sangat jarang warung warga. Untuk berkunjung dimari tidaklah gratis.

6. Desa Wisata Pancawati


Jalan Veteran, Kampung Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor
Desa Wisata Pancawati Kunjungan Rekreasi
foto by kampungwisatapancawatibogor.blogspot.com

Hanya sebuah desa namun bukan sekedar desa biasa, Desa ini merupakan tempat wisata yang penuh dengan budaya lokal Desa Pancawati sehingga para wisatawan menyebutnya Desa Wisata Pancawati. Hingga saat ini kebudayaan desa ini masih murni tidak teradopsi budaya luar sehingga karakter budaya desa ini murni versi budaya lokal Indonesia banget.

Disini terdapar berbagai budaya seperti tarian sunda, wayang golek dan masih banyak lagi dan yang paling dicari adalah kuliner tradisionalnya yakni masakan-masakan lhas Sunda. Untuk berkunjung dimari tidaklah gratis untuk fasilitas tertentu.

7. Curug Kembar Ciburial

Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

Curug Kembar Ciburial Kunjungan Rekreasi
foto by kaskus

Model curug/air terjun yang satu ini selalu melirik perhatian wisatawan karena model curug nya yang berdampingan dan indah untuk dipandang. Posisi curug kembar ini ada dijangkauan yang menyulitkan dengan jalanan menuju kesana yang terjal-terjal dan rapat dengan bebatuan yang tajam sehingga perlu sepatu gunung agar kaki Anda aman dari tajamnya bebatuan. Untuk berkunjung dimari gratis dan berbayar untuk beberapa tempat dan fasilitasnya.

8. Taman Safari


Jalan Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor

Taman Safari Kunjungan Rekreasi
foto by instagram

Temapat wisata puncak yang paling lengkap fasilitasnya dan selalu dipadati wisaawan apalagi saat pekan libur tempat ini seudah menjadi langganan berjubel pengunjung. Walaupun tempatnya jauh dari jakarta sekitar 77 km namun sebagian besar pengunjung dari kota jakarta.

Disini mempunyai banyak fasilitas hiburan dan kulinernya. Fasilitas hiburan yang bisa Anda coba seperti tempat pertunjukan, tempat bermain kanak-kanak, area bayi hewan piaraan, area berenag dan masih banayk lagi. Tempat kuliner pun terdapat sepanjang jalan dengan berbagai macam masakan lokal dan non lokal. untuk berkunjung dimari tidaklah gratis Anda perlu mempersiapkan biaya yang cukup.

Taman safari puncak Bogor ini terkenal dengan hewan piarannya seperti gajah, komodo, jerapah, rusa, singa dan hewan unik lainnya yang didatangkan baik lokal maupun luar negeri. Anda hanya berkunjung dimari untuk melihat macam-macam binatang jenis rumahan hingga jenis buas.

9. Curug Cibeureum


JL. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Bogor

Curug Cibeureum Kunjungan Rekreasi
foto by Instagram

Air terjun Cibeureum terkenal dengan sungainya yang berwarna kemerahan, warna merah ini disebabkan lumut merah yang berada pada tebing-tebing air terjun yang terpantul dan menjadikan sungai berwarna kemerah-merahan. Curug ini mempunyai tinggi sekitar 50 meter yang terletak sekitar 3 kilometer dari desa Cilember yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Disepanjang perjalanan banyak tempat peristirahatan dan warung warga yang dapat menjadi tempat peristirahatan Anda saat-saat lelah. Untuk berkunjung d Curug ini gratis.

10. Istana Presiden Cipanas
Antara Jalan Raya Jakarta dan Bandung

Istana ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk dijadikan referensi berkunjung Anda berada di Jakarta atau Bandung, jika akan berkunjung di kota Bandung maka sempatkanlah untuk singgah di tempat wisata puncak Istana Presiden Cipanas, tempat ini mempunyai nilai edukasi yang cocok untuk anak-anak anda. Fasilitasnya pun cukup memikat wisatawan seperti pemandian air panas, taman hias, taman kaktus, museum dann toko-toko suvenir serta masih banayk lagi. Namun syangnya ada beberapa tempat yang tidak boleh dikunjungi tapi jangan khawatir Anda tidak akan kecewa kemari dan jangann lupa untuk berfoto-foto, tempat istana presiden Cipanas mempunyai sisi seni tersendiri daripada tempat rekreasi lainnya dan patut untuk didokumentasi. Untuk berkunjung dimari Gratis.

11. Melrimba Garden


Jl Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua Bogor

Melrimba Garden Kunjungan Rekreasi
foto by @vonitabriliana

Wisata puncak yang satu ini merupakan salah satu produsen tanaman hias yang populer hingga luar negeri. Wilayah taman hias ini sekitar 5 hektar dengan konsep taman yang indah nan rapi memikat wisatawan dan nyaman untuk dikunjungi.

Ditempat ini terdapat banyak fasilitas bagi wisatawan seperti sarana outbound, tempat kanak-kanak, kolam pemancingan, lapangan rumput yang indah-indah, kebut petik strowberry, tea walk, rumah kaca hias dan masih banyak lagi yang bisa dinikmati disini. Untukk berkunjung di Melrimba Garden tidaklah gratis.

12. Kebun Wisata Inkarla


Jl.Singabarong, Cibodas, Bogor

Kebun Wisata Inkarla Kunjungan Rekreasi
foto by instagram

Wisata puncak Inkarla seperti halnya di Merlimba Garden dimana disini merupakan tempatnya berbagai tanaman hias dan bunga yang di hiasi pemandangan gunung alam yang sangat indah nan dingin. Disini cocok untuk menenagkan diri dari jenuhnya menikmati kota jakarta dan sekitarnya yang macet dan penuh polusi. Kebun Wisata Inkarla merupakan tempat wisata puncak yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari ketenangan saat berlibur.

Fasilitas disini jgua tak kalah lengkapnya seperti kolam renang ari hangat, sarana outbound, tempat bermain tenis meja, tempat kanak-kanak, dan lain-lain. Bagi anda yang ingin menginap disini tidak perlu membawa tenda karena tersedia penginapan yang murah dan banyak pilihannya. Untuk berkunjung di Kebund Wisata Inkarla tidaklah gratis.

13. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango - Cisarua, Bogor


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Kunjungan Rekreasi
foto by @marimaregina

Taman Nasional ini menjadi tempat favorit wisatawan. Disini terdapat berbagai macam jenis ekosistem yang luar biasa yang jarang ditemui di Taman Nasional lainnya, jenis hewan-hewan dan tumbuhan langka di tempatkan di taman nasional ini. Tempat ini cocok untuk penelitian, pendidikan dan analisa berbagai hewan langka dan tumbuhan langka.

Bagi pecinta pendaki gunung, temapt wisata puncak Taman Nasional Ini menjadi tempat pendakian yang banyak diburu wisatawan. Untuk berkunjung dimari Gratis dan berbayar untk beberapa tempat dan fasilitasnya.

Dari sekian banyak tempat wisata puncak yang sebagian besar di wilayah Bogor kemungkinan masih ada tempat wisata puncak yang masih belum terhuni dan terdaftar, jika teman-teman menemukan tempat wisata puncak lain di wilayah Bogor dan belum saya cantumkan disini bisa menghubungi saya atau berkomentar. Dengan sangat berterimakasih dan akan saya review tentang tempat itu untuk dijadikan bahan referensi bagi pecinta wisata puncak. Sekian dan selamat berlibur.. 
LihatTutupKomentar

POS NEXT

POS POPULER

KUNJUNGI